Sun


Sunrise-photography-6992108-2560-1920

“Indonesia panas, Indonesia gerah”

Bisa jadi ini keluhan dari berapa banyak orang yang mengalami musim panas di Indonesia. Negara Tropis yang sering dikeluhkan. Ya, wajar saja Indonesia dikritik karena udara panas yang semakin lama semakin tidak menentu. Panas berkepanjangan terus besok hujan. Hujan pun tidak berlangsung lama tapi bisa satu waktu menjadi hujan seharian tanpa henti.
  Ditambah karena dampak fenomena panas matahari. Posisi matahari tepat berada di atas garis equator (garis khatulistiwa) menjadikan suhu panas meningkat. Jika dibayangkan posisi matahari sangat tepat berada di atas kepala. Mulai pagi menjelang matahari sudah muncul. Bahkan panas mulai terasa. Di siang harinya, matahari mulai berani mengeluarkan energy panasnya. Hawa panas sangat terasa. Apalagi kalau kita berjalan di bawah sinar matahari secara langsung.

Fenomena itu wajar terjadi. Perlu diketahui dalam setahun Indonesia mengalami dua kali posisi matahari di atas garis khatulistiwa. Karena memang Indonesia, Negara tropis yang terkenal dengan dua musim. Musim panas dan juga musim hujan. Musim panas pun lebih panas dari biasanya. Kejadian berakhir di bulan oktober mendatang. Matahari mulai menjauh dari posisinya pada garis equator. Menjauh dan menjauh. Di waktu selanjutnya posisi matahari akan berada lagi pada garis equator.

Kondisi panas ini tak jauh dari global warming yang banyak digencar-gencarkan oleh banyak orang. Untuk mengurangi emisi efek rumah kaca, mengurangi pembuangan sampah sembarangan, mengurangi emisi gas dari pembuangan knalpot atau karbonmonoksida lainnya, pembalakan liar, pembakaran lahan gambut. Seminimal mungkin kita bisa mengurasi pemicu global warming. Hal kecil bisa menjadi dampak besar bagi kelangsungan hidup manusia. Mari kita terus tanamkan untuk menyayangi bumi kita ♥
 

Iklan

Berikan komentarmu.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s