Happy Anniversary 2nd with EXO (Part 1)


tumblr_n0968jjgNz1rj1r4co1_500 copyHappy Anniversary ke dua buat EXO ❤ 

Teman-teman sepermainan ;3; Yang jatuh pada tanggal 8 April 2014. Banyak kesan yang gue rasain melihat mereka berkembang dari teaser photo EXO, teaser video mereka.

Bisa dilihat disini 🙂

Perkembangan mereka sangat pesat. Gue akuin itu, mungkin karena SM lebih memfokuskan EXO. Biar mereka cepat terkenal. Dari awal mereka pradebut sampai sekarang. Konsep mereka sangat rapi. Banyak banget teka-teki yang ujungnya buat semua fans penasaran akan mereka. S.M sangat rapi buat mereka sedemikian rupa XD

Semoga mereka sukses, tetap berusaha belajar lebih baik dari yang sebelumnya, menjaga sikap mereka lebih baik lagi. Bisa lebih ramah sama semua fans mereka lagi. Tetap dekat sama member EXO lainnya. Aamiin ^3^

Gue sedikit mengulas, awal mula EXO dibentuk. Beberapa ada yang udah tahu, dan ada juga yang belum. Gue coba mengingat lagi. Chech this out !

EXO (Hangul: 엑소) adalah boy band Korea Selatan-Cina yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, yang akan melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di Korea Selatan dan Cina. Nama mereka diambil dari kata exoplanet, sebuah istilah untuk menyebut planet di luar Tata Surya. Singel debut mereka, “Mama”, dirilis pada 8 April 2012, disusul oleh peluncuran album pertama Mama pada 9 April 2012.

15

2011 Pembentukan

Pada bulan Januari 2011, produser S.M. Entertainment, Lee Soo-man, mengumumkan rencananya untuk membentuk sebuah boy band baru pada bulan Maret atau April 2011. Dinamai M1 untuk sementara, grup ini tampak terdiri dari tujuh anggota saat foto mereka berlatih tari di sebuah studio bocor di dunia maya. Pada bulan Mei 2011, Lee berbicara tentang grup ini dalam sebuah seminar bisnis Hallyu yang diselenggarakan di Universitas Stanford. Dalam presentasinya, dia menjelaskan strateginya untuk membagi grup ini menjadi dua subgrup, M1 dan M2, dan membuat mereka mempromosikan musik yang sama di Korea dan China, menyanyikan lagu baik dalam bahasa Korea maupun Mandarin.

Lee awalnya berencana untuk meluncurkan grup ini pada bulan Mei 2011, namun debut mereka ditunda dan berita mengenai grup ini tidak beredar lagi sampai Oktober 2011 saat Lee mendiskusikan konsep grup ini secara singkat dalam sebuah wawancara dengan The Chosun Ilbon.

Pada Desember 2011, grup ini memfinalkan nama mereka menjadi EXO, dengan EXO-K untuk nama subgrup di Korea dan EXO-M untuk subgrup di China. Dua belas anggota diperkenalkan secara perorangan melalui 23 video teaser yang dirilis dari bulan Desember 2011 sampai Februari 2012. Kai, dan Lu Han dengan menampilkan dance, Tao menunjukkan keahliannya dalam seni bela diri (wushu) dan Chen mengeluarkan hightone vocalnya yang menggelegar. Empat anggota pertama yang diperkenalkan, tampil di depan publik untuk pertama kalinya dalam acara SBS Gayo Daejun pada 29 Desember 2011.

2012 Debut dan Mama

Singel pendahuluan EXO-K dan EXO-M, “What Is Love”, dirilis pada 30 Januari 2012 melalui iTunes dan berbagai situs musik online di Tiongkok dan Korea Selatan.

EXO K – What Is Love

EXO M – What Is Love

Pada 9 Maret, mereka merilis singel pendahuluan kedua, “History”, yang ditulis dan diproduksi oleh Thomas Troelsen dan Remee.

exo-k_history_music-video-korean-ver-mp4_000116491-1024x576HISTORY

EXO K – History

EXO M – History

Sebuah konser showcase digelar di Olympic Stadium, Seoul pada 31 Maret, tepat seratus hari setelah EXO merilis trailer pertamanya (photo teaser) serta teaser video pada 21 Desember 2011. Sekitar tiga ribu fans dari delapan ribu pendaftar terpilih untuk menghadiri showcase ini. Showcase kedua digelar di aula University of International Business and Economics di Beijing, Cina pada 1 April. Menampilkan suara dan dance yang kuat. Lagu Baby Don’t Cry, What Is Love, Angle, History dan tentunya single mini album berjudul ‘MAMA’.

EXO Showcase

EXO-K dan EXO-M merilis singel debut mereka, “Mama” pada 8 April diikuti dengan album mini, Mama, pada 9 April. Genre musik MAMA adalah Orchestra Pop.

Exo_mama_ep

EXO K – MAMA

EXO M- MAMA

Dengan MAMA, Into The New World (Angle), Two Moons (feat. Key SHINee), Machine, dan History.

Pada 8 April, EXO-K membuat penampilan debut di program musik Korea Selatan The Music Trend, sedangkan EXO-M membuat debut mereka di Top Chinese Music Awards Cina pada hari yang sama. Satu hari setelah rilis, “Mama” menempati peringkat pertama di berbagai chart musik online Cina. Album EXO-M menempati nomor dua di Sina Album Chart Cina, nomor lima di Gaon Album Chart Korea Selatan, dan nomor dua belas di Billboard World Albums Chart. Album EXO-K memuncak di nomor satu Gaon Album Chart dan nomor delapan di Billboard World Albums Chart.Video musik EXO-M “Mama” menempati nomor satu pada website streaming Cina, sedangkan versi EXO-K menempati nomor tujuh di Global Chart YouTube. Pada akhir April 2012, EXO-M tampil sebagai tamu untuk tur konser Super Show 4 Super Junior di Jakarta, Indonesia.

Pada November 2012, EXO memenangkan Best New Asian Artist Group di 2012 Mnet Asian Music Awards. EXO-K menerima tiga nominasi di 27th Golden Disk Awards, memenangkan Newcomer Award. EXO-M menerima penghargaan Most Popular Group pada 2013 Top Chinese Music Awards.

2013-sekarang: XOXO, Miracles in December dan sukses komersial

Lomogram_2013-05-20_02-37-12-PM

EXO – M

Lomogram_2013-05-20_02-42-42-PM

EXO – K

Lomogram_2013-05-20_02-46-07-PM

X.O.X.O

6a733120gw1e5nguz6sj0j21e017e4q3X.O.X.O

Pada Mei 2013, S.M. Entertainment mengungkapkan foto teaser untuk album comeback EXO, album studio pertama XOXO. Tidak seperti saat era Mama, ketika EXO-K dan EXO-M memiliki promosi terpisah, XOXO dipromosikan secara berkelompok. Subkelompok berkolaborasi untuk singel album, “Wolf”, tapi sisa album ini direkam secara terpisah.

XOXO dirilis pada Juni 2013 dalam dua versi, edisi bahasa Korea “Kiss” dan edisi bahasa Mandarin “Hug”. Single album berjudul ‘Wolf’, bergenre Dubstep. Bersama dengan sembilan lagu lainnya.

 

EXO – WOLF (Korean Version)

EXO – WOLF (Chinese Version)

Beberapa hari kemudian setelah perilisan, lagu di XOXO menempati tempat teratas hampir di setiap chart real-time dari website musik online Korea Selatan dan daratan Tiongkok. Kedua versi kolektif memuncak di nomor satu di Billboard World Album Chart satu minggu setelah rilis. Singel “Wolf” memuncak di tempat pertama pada tiga program musik Korea Selatan, yang disebut “triple win.” “Wolf” juga memenangkan penghargaan di MBC Music Show Champion, tapi lagu bernasib buruk pada chart musik download, mencapai hanya atas tiga puluh titik dalam grafik yang tercatat dari kedua Korea Selatan dan Cina.

Versi repackage dari XOXO, dengan tiga track baru, dirilis pada 5 Agustus 2013. Singel, “Growl”, diungkapkan via YouTube pada 1 Agustus 2013, sebagai sebuah video musik. Dengan genre musik ‘Urban-Pop’. Ditambah dua lagu lainnya, Lucky, dan X.O.X.O.

tumblr_mrtvk3aX1Q1rtjc1po1_500

 

EXO – Growl ( Korean Vers.) 

EXO – Growl ( Chinese Vers.)

Musik Pada 18 Agustus, “Growl” mendapat 10.554 poin di chart The Music Trend, membuat rekor nomor satu dengan poin terbanyak untuk pertama kali. “Growl” mencapai nomor satu di keempat program musik utama Korea, memenangkan total sepuluh piala dalam tiga minggu berturut-turut. Singel memuncak di nomor tiga pada Billboard Korea K-Pop Hot 100 dan nomor dua di Gaon Singles chart. Pada Oktober 2013, semua versi dari XOXO secara kolektif terjual lebih dari 910.000 eksemplar, memecahkan rekor untuk penjualan tercepat dan terbanyak artis K-pop dalam dua belas tahun. XOXO mendapatkan penghargaan Album of the Year pada 2013 Mnet Asian Music Awards, membuat EXO menjadi boy band termuda untuk memenangkan penghargaan.Singel “Growl” juga mendapatkan penghargaam Song of the Year pada 2013 MelOn Music Awards.

EXO mulai bekerja pada album mini untuk comeback mereka, tak lama setelah menyelesaikan siklus promosi untuk XOXO. Pada Oktober 2013, EXO-M dikonfirmasi dalam sebuah wawancara untuk IQIYI bahwa anggota saat ini bekerja pada materi baru dan mengatakan kepada fans untuk tidak percaya pada rumor tentang comeback mereka. Album mini, terdiri dari enam track, yaitu My Turn To Cry, First Snow, Christmas Day, The Star, Miracle in December (Classical Orchestra), termasuk Miracle in December sendiri telah memiliki pre-order lebih dari 400.000 memecahkan rekor baru. Miracles in December bergenre ‘Authentic Pop Balad’ dirilis secara resmi pada 9 Desember 2013 di outlet komersial dan toko musik online Korea Selatan. Terbagi dalam dua bahasa Korea dan China. Untuk versi Chinese sendiri, dinyanyikan oleh Chen, Luhan, dan Baekhyun.

EXO – Miracle in December ( Korean Version)

EXO – Miracle in December ( Chinese Version)

EXO memulai promosi album di acara realitas EXO’s Showtime, yang tayang perdana 28 November 2013 pada saluran MBC Every 1. Dari episode pertama hingga episode dua belas pada tanggal 30 Januari 2014.

Baekhyun, Chen, dan D.O. menampilkan singel utama, “Miracles in December”, di M! Countdown pada 5 Desember.

Di Tahun 2014

Project S.M The Ballad yang mengikutsertakan Chen EXO dalam keanggotaannya bersama Jonghyun SHINee, Taeyeon Girls Generation, Yesung Super Junior, Zhang Li Yin, Zhoumi Super Junior M, Changmin TVXQ, serta Krystal F(X). Terdiri dari lagu Breath yang diciptakan dengan tiga bahasa, Korea, China, dan Jepang. Chen EXO bersama dengan Zhang Li Yin menyanyikan lagu Breath versi China,

S.M. THE BALLAD Vol.2 (에스엠 더 발라드) BREATH (CHN ver.)

kemudian di lagu lain berjudul ‘A Day Without You’ duet bersama Jonghyun SHINee, dan juga bernyanyi dengan Krystal f(x) lagu ‘When I Was, When U Were…”.

Pada bulan April ini, EXO akan mengeluarkan Mini album baru EXO akan berjudul 중독 / 中毒 (Overdosis). Genre lagu tersebut adalah hip-hop, R & B track disusun oleh The Underdogs dan Kenzie. The Underdogs adalah tim produksi yang sama yang menciptakan Mr.Mr. & Telah bekerja dengan Beyonce, Justin Timberlake, Britney Spears. First “release” dari lagu baru EXO 중독 / 中毒 (Overdosis) akan melalui comeback showcase mereka pada tanggal 15 April. Mini Album baru EXO akan dibagi menjadi 12 cover (per-member) dalam versi Korea & China (total 24 cover ).

See you next album EXO 😉

dikutip dari : Wikipedia

Iklan

Berikan komentarmu.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s