Aman Menggunakan Earphone


 

Hobi beraktivitas sambil mendengarkan musik melalui earphone berjam-jam? Kalau iya, kita mesti sedikit waspada, nih. Ternyata, kebiasaan ini punya efek buruk untuk pendengaran kalau kita nggak hati-hati. Oow!

Menurut perkiraan The EU’s Scientific Committee on Emerging and Newly Identified Health Risks (SCENIHR), sekitar 5 sampai 10 persen pengguna earphone untuk mendengarkan musik, dihantui resiko kehilangan pendengaran permanen jika mendengarkan musik lebih dari 1 jam sehari dengan volume keras.

Oleh karena itu, sayangi telinga kita dengan memperhatikan rambu-rambu menggunakan earphone berikut ini:

  • Batasi durasi mendengarkan musik dengan music player selama satu jam setiap harinya dengan tingkat volume di bawah 60% dari volume maksimal.
  • Apabila di keramaian, misalnya di kendaraan umum atau jalan, usahakan untuk tidak mendengarkan musik. Selain bikin kita nggak awas sama keadaan sekitar, mendengarkan musik di keramaian akan memancing kita menaikkan volume.
  • Jangan lupa mengistirahatkan pendengaran sekitar 15 menit, tiap kali menggunakan earphone. Jeda waktu itu berguna untuk memulihkan dan adaptasi pendengaran kita dengan suara sekitar.
  • Pilih earphone yang nyaman-bukan yang sekedar keren-untuk telinga kita. Perhatikan juga apakah earphone tadi bisa meredam suara noise dari luar.
  • Jaga kebersihan earphone kita. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan jurnal kesehatan Laryngoscope, bakteri bisa mencemari bagian earphone. Lapisi bagian earphone dengan busa dan rutinlah membersihkan serta menggantinya apabila sudah kotor.

Credit :www.Gadis.co.id

Iklan

Berikan komentarmu.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s